Pengikut

Kamis, 05 Juni 2014

Saya Indonesia diantara Angkasawan Angkasawati RRI dengan 9 Kepribadian manusia... siapakah anda?


Siapakah Anda??? sumber : Imanuelfebry.wodpress.com

Hampir 2 minggu lebih saya berada di sebuah lingkungan yang asing tetapi tidak asing bagiku, yahhhh.... saking padatnya jadwal kegiatan yang harus saya ikuti...sampe-sampe hampir lupa nulis di blog ku yang nyaman ini. 

okehhh.... aku pengen cerita betapa serunya bisa ketemu semua teman2 dari berbagai suku bangsa seindonesia.... dari Sabang sampe Merauke Papua.

Pengen banget memperkenalkan semua temen-temen ku yang kece-kece ini hihihihi, heboh seru, punya kepribadian yang berbeda tetapi bisa saling mengisi satu sama lain. saya coba perkenalkan satu-satu ya :

Dian Liputo Gorontalo yang kalau dah jadi pembicara sebaiknya jangan dibantah karena akan keluarlah kata-kata "jangan cari perkara"hahhaha dan kak Lismawarni Aceh yang kalo udah ngomel itu susah banget nyetopnya tapi baik banget kok, jadi mak yang baik di kamar ku.



 mbak putri dari purwokerto yang suka berantem sama bang Rahim padahal .... ada yang terpendam itu, hahaha asumsi ini mah, peace mbak put, dan Sasa dari Entikong yang logat biacaranya cuantik sekali, besok-besok kita pasang telpon di Entikong ya sayang. ^_^





Sunarti dari Kendari, Maha eta dari Samarinda dan eike dari Bengkulu

Atik dari sintang si cute yang pemberani banget badan aja kecil, nyalinya geudeee..., Sunarti Kendari katanya mbak tata sabar banget hihihih, Khairul Surabaya ini orang lama tampang baru, cool men...

disini ada Rahim dari Fak Fak yang ujung nyempil kepalanya hihihi, ada Wahyu chan dari Jambi, ada tata juga dari Mataram

disini ada Robby dari Lampung yang lidahnya melet hahha, ada Imey dari Tarakan yang tomboi, ada mas Dharmawan yang super duper baik ke semua secara umur mendukung kali ya... ahahhaa dari Pekanbaru

Putri dari Purwokerto, Natasya Aidilah dari Entikong, perbatasan Indonesia malaysia bokkk, dan yang paling Gokil Indah Xhavi dari Tales Bogor



Ninja wanita dari Entikong

Si Cantik Tales Bogor yang super duper gokil, bayangin aja dia bisa-bisanya ngupil dalam kelas, tapi gw sayang banget sama dia gak tahu nape, fikirannya bisa sejalan aja, gak perlu pake kata2... asyikkkkk....


Si Imut dari Fak Fak kalau udah berantem ma mbak putri ampunnnn so sweet.

Si Manis dari Boven Digul YoHanes D Goden, cita-cita tentara terjebak jadi artis RRI hahha, siapa macamm-macam langsung kasih mati...(sensor)
Adekku yang manja Linda dari Banjarmasin si Ulun hobi nelpon hehehhe tapi jago banget matematikanya, ajippp... dan Atik Sintang yang cute
ada Mochamad Ali dari Tual logat suaramu yang mendayu asyik.. dan punya semangat luar biasa berdiri paling kiri ya...
ini yang paling muda cowok sendiri ada Pak de sebagai ketua kelas yang ngelimpungan ngurusin adek2nya yang pada pendiam dan pemalu....
ini lengkap ya... kebetulan foto bareng pak Har Yoko pakar iklan yang kerenn punya ilmunya banyak dan ramah


okeyyyy.... sekelumit perkenalan bersama teman-temanku yang datang dari berbagai belahan daerah di Indonesia, masih banyak lagi tetapi mereka terpisah di bagian tekhnik karena yang ada dalam ceritaku kali ini adalah teman-teman dalam diklat penyiaran. yuppp ditanya suka duka seneng sedih semua ada disini, tapi yang saya fikir ada yang menarik dari setiap pribadi itu benar adanya. 

Kebersamaan yang luar biasa meskipun hitungan waktu, hari dan detik bisa menjadi asumsi satu minggu = satu detik itu benar bisa dianggap nyata, karena setiap hari kita bertemu dengan perubahan yang sangat cepat dalam semua hal termasuk kharakter dan sifat asli dari masing-masing pribadi.waktu berasa lama banget...

Dari obrolan seorang adik ku yang manja temen sekamarku yang namanya Linda dari Banjarmasin, saya jadi lebih memahami tentang tipe kepribadian manusia, dulu memang pernah baca dan pernah tahu tapi tidak terlalu tertarik tetapi ketika saya masuk dalam dunia nyata yang membuat saya sangat amat tertarik mengetahui tipe-tipe kepribadian ini, bahkan saya pengen lebih merasuk kedalamnya.... mari kita berbagi dan rasakan dengan hati, siapakah saya? bagaimanakah kepribadian kita?

tipe kepribadian manusia itu banyak berdasarkan ilmu psykologis... seperti berikut Tipe kepribadian Manusia menurut Renee Baron dan Elizabeth Wagele, lewat buku yang berjudul enneagram, ada 9 tipe kepribadian manusia :

 Tipe 1 Perfecksionis,
orang dengan tipe ini adalah termotivasi harus kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.

Tipe 2 Penolong
Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.

Tipe 3 pengejar prestasi
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.

Tipe 4 romantis
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.

Tipe 5 pengamat
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.

Tipe 6 pencemas
Orang tipe 6 termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.

Tipe 7 petualang
Tipe 7 termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.

Tipe 8 pejuang
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.

Tipe 9 pendamai
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

Baiklah dari tipe-tipe tersebut kira-kira anda masuk ke tipe mana ya... ? dan dari setiap tipe itu biasanya saling berkaitan. masih dalam bukunya Enneagram bahwa setiap orang memiliki keterkitan satu tipe dengan tipe lain yang membentuk karakhter.

Pemahaman tentang diri pribadi adalah kunci dari tipe kepribadian kita masing-masing, dan setiap pribadi memiliki sifat dasar sebagai manusia dengan segala kepentingannya. dengan 9 tipe ini kita bisa berkaca kalo kata omm Dedi Corbuzer "Ngaca Dulu Dehhh... " mari kita introspeksi diri kita menjadi pribadi yang cantik hati dan cantik kepribadian, buat cowok sih dewasa hati dan cakep kepribadian.

Yang terpenting buat saya adalah kebersamaan itu bukan sebuah nilai yang bisa dibayar dengan harga... tetapi keberuntungan yang tidak kita sadari. mungkin bukan sekarang kita bisa memahami arti kebersamaan kita ini, tapi nanti ketika kita sudah tidak bisa saling bersentuhan, berbagi cerita secara langsung, baru kita memahami arti kebersamaan. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dengan semua kharakter kita yang begitu unik dan indah.

dan akhirnya ini dia Quote dari Cbee:
"Menjadi orang yang hebat bukanlah sebuah keberhasilan, tetapi ketika kita menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain itu sebuah kebanggaan"
Dedicate : FOR all my friend DIKLAT PENYIARAN ANGKTAN VI 2014